PRINSIP USABILITY

Pada tulisan ini penulis berusaha menjelaskan apa yang di maksud dengan prinsip usability yang mana prinsip ini terdapat pada interaksi atau hubungan antara manusia dengan komputer, sebelum menjelaskan apa itu yang dimaksud dengan prinsip usability kita juga harus mengetahui sistem interaktif yang menggabungkan atau membuat suatu interaksi

Sistem Interaktif memungkinkan user mencapai suatu tujuan tertentu dalam suatu domain aplikasi.Sistem interaktif harus dapat didayagunakan (usability) untuk meningkatkan keberhasilan suatu sistem aplikasi.

Dua pertanyaan (masalah) tentang pendayagu-naan (usability) sistem interaktif :
➢ Bagaimana suatu sistem interaktif dibuat/ dibangun supaya mempunyai dayaguna yang
tinggi ?
➢ Bagaimana mengukur atau mendemontra-sikan dayaguna (usability) suatu sistem interaktif ?

Dua pendekatan untuk menjawab pertanyaan/ masalah di atas:
➢ Paradigma :
♦ Sistem interaktif yang berhasil /sukses pada umumnya diyakini akan meningkatkan dayaguna (usability) dari system tersebut.
➢ Prinsip :
♦ Interaksi efektif dari berbagai aspek pengetahuan psikologi, komputasi dan sosiologi mengarahkan peningkatan desain dan evolusi suatu produk, yang pada akhirnya akan meningkatkan daya-guna sistem
tersebut.

Usability engineering (rekayasa dayaguna) juga menawarkan penggunaan kriteria secara eksplisit untuk menilai (judge) keberhasilan suatu produk dalam bentuk dayagunanya.

Prinsip usability juga merupakan standar dari ISO 9241 yang mana prinsip in tergabung dalam prinsip – prinsip lainnya seperti effectiveness, efficiency, dan satisfaction.

Adapula Kriteria – kriteria untuk Metode Pengukuran Usability Engneering yaitu sebagai berikut:
1 Time untuk menyelesaikan tugas
2 Persen tugas selesai
3 Persen tugas selesai per satuan waktu
4 Rasio keberhasilan untuk kegagalan
5 Waktu yang dihabiskan dalam kesalahan
6 Persentase jumlah kesalahan
7 Persentase jumlah pesaing lebih baik daripada
8 Jumlah perintah yang digunakan
9 Frekuensi bantuan dan dokumentasi penggunaan
10 Persen menguntungkan / tidak menguntungkan komentar pengguna
11 Jumlah pengulangan perintah gagal
12 Jumlah berjalan dari keberhasilan dan kegagalan
13 Jumlah kali menyesatkan antarmuka pengguna
14 Jumlah fitur yang baik dan buruk teringat oleh pengguna
15 Jumlah perintah yang tersedia tidak invoked
16 Jumlah perilaku regresif
17 Jumlah pengguna lebih suka sistem anda
18 Jumlah kali pengguna perlu untuk bekerja di sekitar
masalah
19 Jumlah kali pengguna terganggu dari pekerjaan
tugas
20 Jumlah pengguna kali kehilangan kendali dari sistem
21 Jumlah pengguna kali mengungkapkan rasa frustrasi atau
kepuasan

Advertisements
Published in: on March 11, 2010 at 6:31 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://betawigaoel.wordpress.com/2010/03/11/prinsip-usability/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: